Selamat Datang di Web Blog ini Yang Mengulas Tentang Dunia Pendidikan dan Pariwisata Khususnya Daerah Ketapang Kalimantan Barat

Selasa, 04 Mei 2010

Pantai Air Mati Ketapang


Lokasi wisata Pendidikan lingkungan “Bird Watching” (pengamatan burung) cocok sekali dilakuan di Pantai Air Mati Ketapang. Tak heran, Pantai Air Mati di Desa Sei. Awan Kecamatan Muara Pawan, sering kali menjadi lokasi kegiatan pengamatan burung. Menurut Yudo Sudarto, SP. M.Si Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Ketapang Pantai Air Mati Ketapang ini tidak hanya menampilkan pantai dengan pasir putih, angin sepoi – sepoi dan ombak. Tetapi, juga kaya dengan tumbuhan flora dan fauna. Tak kalah menariknya di objek wisata pantai air mati ini dapat menemukan aktivitas kehidupan nelayan setempat dengan semangat penuh semangat gotong royong dalam membuat belat dan memasang belat (Jaring Panjang)

Kata Belat dalam bahasa Melayu berarti Mencegat. Prinsipnya alat tangkap ini cara kerjanya persis seperti pengertian itu, yaitu ketika air pasang maka Ikan-ikan akan ikut naik pasang hingga ke pinggir laut terjauh, pada saat itulah para nelayan memasang jaringnya beberapa meter dari bibir laut. Ketika air surut, maka ikan-ikan juga akan ikut.Tapi mereka akan tercegat oleh jaring nelayan yang bernama belat itu. Metode penangkapan ini dikenal luas di antara nelayan di Ketapang, “Nelayan biasanya memasang jaring dua minggu dalam sebulan, tepatnya pada pasang besar, dan akan istirahat pada pasang mati dan biasanya itu dilakukan pada bulan Agustus,” terang Yudo Sudarto, Kadis Budparpora yang seringkali memperhatikan aktivitas nelayan di pantai Air Mati.

Comments :

8 komentar to “Pantai Air Mati Ketapang”

ciamix mengatakan...
on 

Wah Hebat Ketapang ya...banyak wisata-wisata yang begitu indah...... :)

Dony mengatakan...
on 

Wah jadi pengen aq ke Ketapang lagi cz waktu itu aq cm liburan 1 minggu kesana......By Dony Klaten

ciamix mengatakan...
on 

Iya bro....aq jg jd betah...cz banyak wisatanya jadi bisa refreshing kapanpun......

Unknown mengatakan...
on 

Salam Kenal Dari http://aby-umy.blogspot.com/

kalau ada waktu jangan lupa mampir ya???

Habibie mengatakan...
on 

salam kenal dari www.habibiezone.wordpress.com & habibie-zone.blogspot.com
sukses slalu brow

ciamix mengatakan...
on 

@ Mariosy ~ Salam kenal juga...gw selalu mampir kok
@ Habiebies ~ Salam kenal juga.......Good Luck All

Unknown mengatakan...
on 

owh, emank selalu ya?
tp ko gk ada comment???

hehe

ciamix mengatakan...
on 

@ Aby ~ Gw cm sebagai pengunjung bro.....cz gag da yang bisa gw koment.......he..h.e.h.e....

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by Ciamix